Umarfaruqfauzi’s Blog


cerita
Februari 28, 2009, 3:35 am
Filed under: Uncategorized

Dua minggu ini ada beberapa cerita yang ingin sy tulis di blog ini…

Pertama di tempat kerja…

Beberapa hari yang lalu, sy buat beberapa kesalahan dalam kerja tapi orang lain tidak tahu.. emang sih ga ada efeknya cuma agak lucu aja soalnya bikin orang lain sibuk. pertama waktu ngerjain TS (Total Sulphur), waktu itu sedang nembak ASCRM 0.24 %, seharusnya hasilnya antara 0.23 – 0.25.. eh ternyata waktu sy yang nembak hasilnya 0.024. trus sy tanya k senior yang ada, “kok hasilnya rendah bgt” katanya “ga mungkin hasilnya segitu, selama 5 th dia kerja belum pernah hasilnya segitu, katanya” trus akhirnya manggil foreman untuk cek alat, akhirnya di cek upflow pressure dan measure pressure nya trus di cek juga low sulphur IR dan hight sulphur IR nya. setelah di cek sy tembak lagi batubaranya eh hasilnya sama saja.. akhirnya sy tunda ngerjainnya, trus pindah ngerjain Nitrogen.. setelah 1/2 jam sy lihat lagi TS nya, sy amati dg seksama.. eh ternyata salah masukin nilai beratnya.. seharusnya 0.3000 sy masukinnya 3.000, dlm hati sy ketawa sendiri hehehe pantesan hasilnya kecil bgt..

yang kedua.. waktu ngerjain CV (Calorivic Value), biasanya ga ada masalah. nah waktu hari rabu tiba2 CV nya meledak, airnya tumpah semua. tapi sy ga tahu kl CV nya meledak, yg kaget tmn2ku dan operator yang ada di sana.. akhirnya di cek jg dan ternyata ring dalam bombnya ga rapat masuknya…

dari 2 kejadian ini sy harus benar2 hati2 dlm kerja, akibatnya bisa fatal…


3 Komentar so far
Tinggalkan komentar

Pengalaman adalah guru yang terbaik, ishbiri ya akhy,..

Komentar oleh Abu Aufa Firman

mas numpang tanya yah?.. ASCRM itu alat apa yah… cara penggunaanya gimana?

Komentar oleh Fydha

saya kerja dilaboratorium batubara, saat kita akan menganalisa nilai total sulfur yang terkandung dalam batubara tersebut maka kita harus menggunakan batubara yang sudah menjadi standar nasional maupun internasional. dimana nilai sulfurnya sudah diketahui. Batubara yang dijadikan patokan atau standar itulah yang di namakan ASCRM, dimana nanti berfungsi sebagai faktor koreksi bagi nilai sulfur sampel yang akan kita analisa.

Komentar oleh umarfaruqfauzi




Tinggalkan komentar